5 Destinasi Wisata di Sumba Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur memiliki beragam destinasi wisata terbaik yang tak kalah dengan tempat-tempat lain di Indonesia yang lebih dulu terkenal.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Indonesia dikenal memiliki banyak destinasi wisata dari ujung barat hingga ujung timur. Mulai dari pantai berpasir putih dan air laut yang jernih, gunung yang menjulang tinggi, hutan hujan tropis yang lebat, hingga padang savana yang luas.

Salah satu destinasi terbaik di Indonesia yang semakin populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara, yakni Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur. Pulau ini menyimpan banyak hiden gem. Sebut saja pantai yang eksotis, bukit yang menjulang tinggi, hingga kekayaan budaya yang unik dan menarik.

Berikut lima destinasi wisata di Sumba yang wajib dikunjungi, setidaknya sekali seumur hidup.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Laguna Weekuri

Laguna Weekuri merupakan salah satu destinasi wisata terindah di Sumba. Laguna atau danau air asin ini terletak di Desa Kelana Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat.

Laguna Weekuri harus masuk daftar ketika berkunjung ke Sumba karena memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dengan air yang jernih berwarna biru kehijauan dan berlokasi di pinggir laut bisa menjadi sarana terbaik untuk healing.

2. Pantai Laipori

Terletak di Desa Laipori, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya, Pantai Laipori juga harus masuk daftar kala menjelajah Sumba.

Pantai Laipori memiliki hamparan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan pemandangan yang indah. Di pantai ini, wisatawan juga bisa melihat telaga yang terletak di tengah hutan cemara.

Lanskap yang indah bisa membuat Pantai Laipori bisa bikin hati dan pikiran tenang.

3. Air Terjun Week Acura

Tak hanya memiliki pantai yang indah, Sumba juga punya Air Terjun Week Acura yang wajib dikunjungi. Air terjun ini terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Air Terjun Week Acura memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan memiliki kontur bertingkat. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi dan pepohonan yang rindang, cocok buat melepas penat.

4. Bukit Ndapayami

Bukit Ndapayami merupakan salah satu bukit tertinggi di Sumba. Bukit ini terletak di Desa Umalulu, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur.

Dengan ketinggian sekitar 400 meter dari permukaan laut, Bukit Ndapayami cocok bagi wisatawan yang senang dengan kegiatan hiking.

Tak hanya itu, Bukit Ndapayami juga menyajikan lanskap laut, perbukitan, dan desa-desa yang indah dari puncaknya.

5. Desa Adat Ratenggaro

Selain wisata alam, Sumbar juga memiliki destinasi wisata kebudayaan berupa desa adat. Salah satunya Desa Ratenggaro yang merupakan desa adat di Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat.

Desa ini memiliki rumah adat yang unik dan masih mempertahankan keasliannya. Rumah adat di Desa Ratenggaro memiliki atap yang tinggi dan terbuat dari bambu.

Dengan keragaman wisatanya membuat Sumba semakin populer, tak kalah dengan destinasi-destinasi wisata lain di Indonesia yang lebih dulu terkenal.

Bahkan saking indahnya, keindahan alam Sumba sampai diangkat menjadi iklan oleh PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul) untuk produknya Tolak Angin.

Video bertajuk “Stand by Me: Explore Beautiful Sumba Island with Tolak Angin” tersebut memperlihatkan potret keindahan alam sejumlah destinasi wisata di Sumba yang bisa bikin siapa saja kagum dan ingin cepat-cepat liburan.

[Gambas:Youtube]

Meski begitu, berkunjung ke tempat wisata diperlukan tubuh yang sehat agar agenda liburan yang sudah disusun tak berantakan saat di lokasi. Salah satunya dengan minum Tolak Angin secara rutin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Karena itu, Tolak Angin menjadi wajib ada di dalam tas yang dibawa saat berwisata. Apalagi produk satu ini bisa dibeli di mana saja seperti apotek, minimarket, warung pinggir jalan, maupun secara online di www.sidomunculstore.com atau Sido Muncul Official Store di online marketplace.

Jadi tunggu apalagi, segera kemas pakaian dan barang-barang, lalu jelajahi setiap sudut destinasi wisata di Sumba.

(ory)



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts