5 Destinasi di Indonesia untuk Menikmati Suasana Perayaan Imlek

Di berbagai daerah di Indonesia terdapat perayaan-perayaan yang terkenal dan ikonik ketika momen Tahun Baru Imlek tiba.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Menyambut perayaan Tahun Baru Imlek yang tinggal hitungan hari, barangkali banyak dari kalian telah berencana menjalani liburan. Apalagi, momen hari libur Imlek kali ini cukup panjang, karena berdekatan dengan Isra Mi’raj.

Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia selalu meriah, mengingat populasi etnis Tionghoa di tanah air juga cukup tinggi. Beragam acara seru dan menarik pun digelar untuk merayakan Imlek.

Bahkan, di berbagai daerah di Indonesia terdapat perayaan-perayaan yang terkenal dan ikonik ketika momen Tahun Baru Imlek tiba. Mereka berlomba-lomba menggelar acara yang meriah ketika Imlek.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak jarang, acara-acara tersebut menarik minat para wisatawan untuk datang ke daerah yang mengadakan event Tahun Baru Imlek paling meriah. Apalagi daerah-daerah itu menawarkan ciri khas masing-masing.

Fenomena ini mampu menggerakkan ekonomi daerah, sekaligus mempromosikan produk-produk ekonomi lokal. Lalu, daerah mana saja di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2024, berikut daftarnya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Semarang

Di Semarang, Jawa Tengah, setiap tahun digelar perayaan Tahun Baru Imlek yang tersebar di sejumlah kawasan, mulai dari klenteng Sam Poo Kong, hingga Pasar Imlek Semawis. Di klenteng Sam Poo Kong, festival Imlek berlangsung pada 7-11 Februari 2024.

Klenteng ini menawarkan atraksi barongsai, pertunjukan musik dan tari, serta bazaar produk ekonomi kreatif lokal. Ada juga rangkaian perayaan Imlek 2024 di Pasar Semawis yang menawarkan atraksi yang tak kalah menarik.

Berpusat di Gang Baru dan Gang Warung yang akan dihiasi pernak-pernik khas Imlek, jajanan kuliner khas Semarang, hingga pagelaran Wayang Potehi. Semarang pun patut jadi pilihan destinasi liburan untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Lasem

Memilih Lasem, Rembang, Jawa Tengah, untuk menjadi destinasi liburan saat Tahun Baru Imlek sangat direkomendasikan. Lasem kerap dijuluki Little Chinatown, karena menyimpan sejarah dan budaya khas China.

Kota kecil ini berada di pesisir pantai utara Jawa. Lokasinya cocok untuk jalan-jalan menikmati suasa Tahun Baru Imlek. Suasananya damai dan tentram serta memiliki tiga klenteng yakni Kelenteng Poo An Bio di Desa Karangturi, Kelenteng Poo An Bio di Desa Babagan, dan Kelenteng Cu An Kiong di Desa Soditan.

Sederet acara seru dan menarik selalu digelar warga Lasem kala merayakan Tahun Baru Imlek. Tradisi yang paling sering dilakukan di Lasem adalah Ibadah Nie Mee atau penyambutan menjelang detik-detik malam pergantian tahun.




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts