5 Ciri Toxic Parents yang Perlu Orang Tua dan Anak Ketahui

Istilah toxic parents menggambarkan hubungan yang kurang ideal antara anak dan orang tua. Dalam kasus ini sang anak akan merasa hidupnya tertekan, gagal, atau bahkan depresi akibat kesalahan orang tua dalam mengasuh anak tersebut. Biasanya sikap toxic parents muncul secara tidak disadari akibat pengaruh emosi dan tuntutan dari lingkungan sekitar yang mengharuskan kamu menjadi orang tua yang ideal menurut versi mereka.

Read More

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tentang lima ciri toxic parents yang perlu kamu ketahui, untuk menjadi pembelajaran bagi kita bersama agar lebih bijak dalam memberikan pola asuh kepada anak. Berikut pembahasannya.

1. Tidak Memikirkan Kebutuhan Emosional Anak

Ciri yang pertama ini muncul disebabkan oleh perilaku orang tua yang hanya memikirkan kebutuhan finansial dan fisik sang anak, tetapi mengabaikan waktu berkualitas bersama anak tersebut. Terlalu sibuk bekerja sering menjadi alasan orang tua untuk meninggalkan kebersamaan dengan anak, padahal sang anak jauh lebih membutuhkan kasih sayang langsung dari orang tua kepada mereka.

Akibatnya anak akan merasa diabaikan dan kurang mendapat perhatian meski segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan fisik maupun finansial mereka telah terpenuhi, seperti yang dikutip pada akun instagram @psikologiid.

2. Mengontrol dan Memaksakan Kehendak

Terkadang orang tua bersikap overprotektif yang mengekang kebebasan sang anak untuk berekspresi. Orang tua juga sering menuntut sang anak untuk menjadi seperti apa yang mereka kehendaki tanpa memikirkan apa yang anak inginkan dalam hidupnya.

Mengutip dari laman The Asian Parents, bahwa perilaku seperti itu tentu akan berdampak buruk dalam perkembangan psikologis seorang anak yang dapat membuat mereka merasa tertekan, stres, hingga depresi.

3. Manipulatif

Bukan hanya teman ataupun pasangan yang bisa melakukan tindakan manipulatif ini, karena kita akan melihatnya dari cara orang tua memperlakukan anak mereka. Toxic parents sering menggunakan peraturan tertentu untuk membuat anak merasa bersalah ataupun mengungkit semua kebaikan yang pernah mereka berikan kepada anak dengan tujuan yang sama, yaitu membuat anak tunduk dengan aturan yang telah mereka buat.

4. Membandingkan Anak

Setiap orang tua biasanya memiliki impian untuk memiliki seorang anak yang hebat dan multitalenta. Namun perlu kita ketahui bahwa setiap anak terlahir dengan bakatnya masing-masing. Sebagai orang tua kita harus menjadi support system bagi sang anak.

Namun, jika kita hanya memaksakan keinginan pribadi kepada sang anak dan menuntut mereka menjadi seperti apa yang orang tua inginkan, tentu hal ini sudah dikategorikan sebagai toxic parents. 

5. Menyalahkan Anak atas Kesalahan yang Tidak Mereka Lakukan

Terkadang orang tua menyalahkan sang anak atas kesalahan yang dilakukan oleh orang tua itu sendiri. Mereka ingin mengurangi perasaan bersalahnya dengan menjadikan sang anak sebagai tameng yang melindungi orang tua dari kesalahan tersebut. 

Itulah tadi lima ciri toxic parents yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Video yang Mungkin Anda Suka.



Sumber: yoursay.suara.com

Related posts