5 Cara Menghilangkan Lemak di Dagu, Bye Double Chin

Lemak di dagu yang berlebihan dapat memicu penyakit kronis seperti obesitas. Simak cara menghilangkan lemak di dagu.
Jakarta, CNN Indonesia

Penumpukan lemak di dagu atau sering kali disebut dengan istilah double chin adalah kondisi yang dipengaruhi oleh terbentuknya lapisan lemak submental yang berada di area dagu. Bagaimana cara menghilangkan lemak di dagu?

Read More

Untuk mengatasi lemak di dagu, Anda dapat melakukan berbagai metode. Mulai dari diet sehat seimbang, bedah plastik, hingga perawatan khusus di klinik kecantikan.

Lemak yang terlalu banyak di sekitar dagu tidak hanya membuat penampilan jadi kurang percaya diri. Melainkan bisa memicu penyakit kronis, seperti obesitas.

Penyebab Lemak di Dagu


Ilustrasi. Cara menghilangkan lemak di dagu (Foto: iStockphoto/aldarinho)

Melansir Medical News Today, penyebab lemak di dagu sebenarnya tidak selalu karena kelebihan berat badan. Bisa juga faktor lain seperti berikut.

1. Genetik

Genetik atau faktor keturunan mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap penumpukan lemak di area dagu dan leher.

Terutama jika orang tua Anda memiliki lapisan kulit yang kurang elastis, kemungkinan risiko mempunyai double chin ini lebih besar.

2. Usia

Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit akan berkurang dan tampilan wajah jadi tidak kencang karena kekurangan suplai kolagen.

Tak hanya itu, usia yang semakin tua dapat menyebabkan munculnya kulit ekstra atau kendur sehingga dagu dan leher jadi berlipat.

3. Gaya hidup tidak sehat

Menerapkan gaya hidup tidak sehat, sangat berkontribusi terhadap penumpukan lemak di sekitar leher.

Seperti mengonsumsi makanan olahan yang tinggi kalori dan lemak, atau kurang aktivitas fisik, sehingga terjadi kenaikan berat badan seiring berjalannya waktu.

4. Postur tubuh

Postur tubuh yang buruk seperti sering menunduk atau membungkuk dapat melemahkan otot-otot leher dan dagu.

Ini dapat menyebabkan dagu berlipat dari waktu ke waktu, karena kulit di sekitarnya kehilangan elastisitas saat otot tidak digunakan.

Cara Menghilangkan Lemak di Dagu

Sejauh ini, cara menghilangkan lemak di dagu memang tidak cukup dengan menerapkan diet saja. Anda perlu melakukan latihan dan perawatan berikut supaya hasilnya maksimal.

1. Diet sehat seimbang


Ilustrasi berat badanIlustrasi. Cara menghilangkan lemak di dagu, salah satunya dengan diet seimbang (Foto: iStock/tortoon)

Hal paling mendasar yang efektif menghilangkan lemak tubuh secara menyeluruh yaitu melakukan diet sehat seimbang.

Anda bisa mulai dengan rajin berolahraga, mengonsumsi banyak buah dan sayur, membatasi asupan tinggi lemak, serta mengurangi jumlah kalori harian secara perlahan.

2. Senam wajah

Selain menerapkan pola diet, senam wajah berikut bisa menjadi alternatif latihan yang fokusnya memang untuk mengencangkan area leher.

  • Ball exercise: Anda dapat menempelkan bola karet di antara dagu dan leher. Kemudian gerakkan kepala seperti menunduk, dan ulangi beberapa kali sampai terasa cukup.
  • Tounge stretch: Selanjutnya peregangan lidah. Pertama posisi tubuh tegap lurus ke depan, lalu julurkan lidah keluar dan angkat ke arah hidung sambil tahan selama 10 detik dan ulangi.
  • Straight jaw jut: Gerakkan ini hanya perlu melakukan pose seperti mengangguk, tapi dilakukan pelan-pelan, supaya Anda dapat merasakan tarikan ketika dagu naik ke atas dan ke bawah.

3. Kunyah permen karet


Closeup detail of woman putting pink chewing gum into her mouth.Ilustrasi. Cara menghilangkan lemak di dagu, salah satunya dengan mengunyah permen karet (Foto: iStockphoto/nyul)

Sering mengunyah permen karet, dipercaya efektif dalam membantu menghilangkan lemak di sekitar leher. Namun pastikan bahwa permen karet yang dipilih rendah gula.

Gerakan saat mengunyah permen karet dapat mengencangkan otot wajah, sehingga lemak di bawah dagu jadi terbakar.

4. Melakukan perawatan estetika

Alternatif lain supaya lemak di leher cepat hilang yaitu melakukan perawatan di klinik kecantikan. Misalnya face lifting untuk mengencangkan lapisan kulit wajah yang kendur.

Atau lipolisis, perawatan sejenis sedot lemak yang menggunakan laser untuk mencairkan lemak di leher dan membentuk kulit jadi tampak kencang.

5. Suntik botox

Cara menghilangkan lemak di leher berikutnya bisa dengan perawatan injeksi seperti suntik botox. Nantinya area leher akan disuntik menggunakan cairan khusus atau botolinum toxin.

Cairan tersebut bisa mengurangi kerutan kulit di area leher. Untuk mendapat hasil maksimal, suntik botox harus dilakukan berkala dan dalam pengawasan dokter.

Itulah cara menghilangkan lemak di dagu. Semoga dapat membantu.

(avd/juh)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts