5 Cara Menghilangkan Bau Air Sumur, Hempas Bakteri Pembawa Penyakit

Apakah air sumur di rumah Anda berbau? Simak cara menghilangkan bau pada air sumur berikut ini.

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Apakah air sumur di rumah Anda bau? Simak cara menghilangkan bau pada air sumur berikut ini.

Air sumur yang baik dan bisa dikonsumsi adalah air yang jernih, tidak berwarna, memiliki rasa tawar, pH netral, dan bebas zat kimia berbahaya. Selain itu, memiliki tingkat kesadahan rendah dan tidak mengandung bakteri berbahaya.

Air sumur yang tidak memiliki kriteria-kriteria di atas maka kemungkinan air sumur di rumah Anda sudah tercemar dan tidak layak untuk dikonsumsi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Air sumur yang kotor dan berbau bisa jadi tempat tinggal bakteri yang bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti gatal-gatal, demam, dan diare.

Selain bakteri, air sumur yang berbau juga bisa terjadi karena faktor adanya gas H2S, campuran logam besi, atau zat mangan.

Tak perlu khawatir, Anda bisa mengikuti cara menghilangkan bau pada air sumur di bawah ini.

1. Pakai kaporit

Melansir detik properti, kaporit atau tawas dapat membunuh bakteri dan menggumpalkan kotoran-kotoran. Kaporit dan tawas sangat ampuh untuk menjernihkan air dan diterapkan sebagai metode cara menghilangkan bau besi juga pada air.

Air yang diberikan kaporit atau tawas tidak bisa langsung dikonsumsi. Tunggu beberapa hari hingga bau pada air menghilang dan kemudian air siap untuk digunakan atau dikonsumsi.

2. Menggali Sumur Lebih Dalam




Ilustrasi. Salah cara menghilangkan bau air sumur adalah dengan menggali sumur lebih dalam.  (CNN Indonesia/Said Sotta)

Air sumur yang keruh dan bau dapat diakibatkan karena sumur yang kurang dalam. Salah satu cara mengatasi sumur bau adalah dengan menggali sumur yang cukup dalam agar aliran air kotor tidak mengkontaminasi air sumur.

3. Membersihkan Dinding Sumur

Anda dapat membersihkan dinding sumur menggunakan cairan klorin untuk menghilangkan bau dan bakteri dengan seketika.

4. Pakai garam




ilustrasi garamIlustrasi. Salah satu cara menghilangkan bau air sumur adalah dengan menggunakan garam. (iStockphoto/Detry26)

Menukil Cleanipedia, garam dapur adalah salah satu bahan praktis yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bau di air sumur.

Bahan ini memiliki zat yang bisa menghilangkan sumber bau yang ada di air seperti H2S. Ditambah lagi, garam juga bisa mengikat bakteri sehingga membuat air jadi lebih jernih.

Caranya mudah, cukup siapkan setengah bungkus garam dapur dan juga ember penuh yang diisi air bersih. Campurkan garam tersebut ke ember dan aduk sampai larut.

Tuangkan larutan garam ini ke sumur Anda dan tunggu sampai beberapa jam. Bau di air sumur Anda kemungkinan akan hilang.

5. Pakai filter air sumur

Dengan menggunakan filter, maka kotoran dan kontaminan yang ada di air Anda bisa disaring dengan baik. Jadi, tidak hanya menghilangkan bau air sumur saja, tapi filter juga berfungsi untuk membersihkan air dari bakteri dan zat yang tidak dibutuhkan.

Kekurangan filter air sumur adalah harganya yang cukup mahal. Meskipun demikian, menggunakan filter air sumur yang bagus dan bersertifikat pasti bisa menjaga kondisi air di rumah Anda agar tetap layak digunakan.

Demikian penjelasan tentang cara menghilangkan bau di air sumur. Semoga membantu.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts