5 Cara Mempromosikan Novel di Media Sosial agar Banyak yang Membaca

Setelah menulis sebuah novel atau bahkan kita bisa menerbitkannya di penerbit ternama, maka tinggal bagaimana kita mempromosikan novel tersebut. Kita harus rajin mengenalkan novel yang sudah kita tulis pada teman-teman, karena tidak semua penerbit mau mempromosikan novel kita meski mereka sudah mau menerbitkannya. Mempromosikan novel kita di media sosial adalah hal yang efektif untuk menarik minat pembaca.

Read More

Namun, promosi juga tidak bisa dilakukan sembarangan, misal kita dengan sengaja terus-terusan menghubungi teman-teman kita secara pribadi dengan mengirimkan DM atau pesan berupa link dan permintaan kita agar mereka mau membaca. Sebab, hal ini dapat membuat teman-teman kita justru risih dan malah tidak mau membaca cerita kita. Untuk itu, diperlukan pengetahuan agar kita memahami beberapa hal yang harus dilakukan guna mendapatkan banyak pembaca. Nah, berikut 4 cara mempromosikan novel kita di media sosial: 

1. Mengunggah Foto Kover Novel Beserta Blurp-nya dalam Satu Frame

Mengunggah kover novel beserta blurp-nya dapat membuat teman kita di media sosial penasaran dengan isi novel kita. Blurp adalah sinopsis singkat yang terletak di bagian belakang novel, pastikan foto blurp kita jelas dan bisa dibaca.

Selain itu, berilah caption yang jelas, misalnya di mana teman-teman kita bisa membaca novel tersebut. Berikan link, nama penerbit, atau mungkin nama platform tempat naskah kita bisa dibaca. Usahakan postingan tersebut kita unggah dalam satu frame.

2. Membuat Postingan yang Mengajak Penonton untuk Berinteraksi

Buatlah postingan yang bisa mengajak teman kita di media sosial untuk berinteraksi. Misal kita menulis novel horor, kita bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar pengalaman horor yang mungkin pernah dialami oleh teman-teman kita. Hal ini dapat membuat teman-teman kita semakin tertarik dan ingin membaca novel kita.

3. Menghubungkan Isi Cerita Novel Dengan Sesuatu yang Sedang Viral

Kalau bisa hubungkanlah isi dari cerita kita dengan sesuatu yang sedang viral. Misalnya ada salah satu karakter pada novel kita yang hobi bermain Latto-latto, maka kita bisa membuat postingan tentang karakter tersebut yang sedang bermain Latto-latto. Sebab, latto-latto sedang viral saat ini, sehingga postingan kita akan menarik banyak perhatian dari teman-teman kita di media sosial dan bahkan membuat mereka mau membaca novel kita.

4. Mengadakan Giveaway

Mengadakan giveaway juga bisa menarik minat teman-teman untuk membaca novel kita. Misalnya kita memberikan novel kita secara gratis untuk beberapa orang yang mau mengunggah postingan review dari keseluruhan isi cerita novel kita setelah mereka membacanya. 

Itulah 4 cara mempromosikan novel kita di media sosial agar banyak yang membaca. Meski keempat poin di atas sangat penting untuk kita terapkan ketika mempromosikan novel, ada satu hal lagi yang tak kalah pentingnya, yaitu kepribadian kita.

Sebaiknya, jagalah image kita di mata teman-teman kita di media sosial, sehingga mereka tidak hanya menyukai novel yang kita tulis, tapi mereka juga menyukai kepribadian kita yang baik. Sebaliknya, jika kita tidak bisa menjaga image dan malah melakukan banyak hal buruk yang diketahui oleh teman-teman, maka mereka juga akan merasa enggan untuk sekedar melihat postingan di media sosial kita, apalagi membaca novel kita. 

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS



Sumber: yoursay.suara.com

Related posts