5 Cara Memilih Durian yang Bagus, Daging Tebal dan Manis Legit

Cara menghilangkan bau durian di mulut dan tangan cukup mudah. Ikuti cara-cara berikut dan jejak durian pun akan lenyap setelah bersantap.

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Akhir-akhir ini, Anda mungkin sering melihat penjual buah menjajakan durian di pinggir jalan. Harganya beragam, mulai dari Rp20 ribu-100 ribu.

Anda boleh saja langsung tergoda melahap buah ini. Namun hati-hati, jangan sampai salah pilih buah. Anda perlu memperhatikan cara memilih buah durian yang bagus.

Buah durian terkenal sebagai buah yang memiliki aroma khas dan rasa manis yang legit. Buah ini jadi favorit banyak orang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, durian juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. Durian bisa diolah menjadi dodol, mochi, es durian, hingga sambal tempoyak.

Cara memilih durian yang bagus

Sering kali sulit menemukan buah durian yang tepat. Tapi, Anda bisa menggunakan beberapa cara memilih durian yang bagus berikut ini.

1. Cium aromanya

Mengutip berbagai sumber, cara mengecek durian bagus atau tidak yang pertama adalah dengan menilai aromanya. Durian yang memiliki aroma harum biasanya memiliki daging kuning dan manis.

Anda disarankan untuk mencium aromanya terlebih dahulu sebelum membeli. Jika aromanya kuat, maka bisa jadi daging buah di dalamnya manis dan berdaging tebal.

2. Ada suara gema saat ditepuk

Jika durian sudah matang, biasanya akan ada suara gema saat buah ditepuk pelan. Jika suara gema muncul ke dalam artinya buah di dalamnya sudah lunak dan empuk.

Coba tepuk durian perlahan untuk mendapatkan suara ini.

3. Lihat durinya

Durian berdaging tebal, rasa manis legit, dan tidak kering juga bisa dilihat dari durinya. Jika durinya tebal, panjang, dan rapat, biasanya daging buah di dalamnya bagus dan manis.

4. Bentuk bulat




Ilustrasi. Ada beberapa cara memilih buah durian yang bagus. (iStockphoto/Tachjang)

Buah durian dengan bentuk bulat sempurna memiliki daging yang tebal dan legit. Selain itu, buah yang bulat juga memiliki banyak daging di dalamnya.

Oleh karena itu, pilih buah durian yang bulat sempurna.

5. Cek tangkai

Durian yang bagus adalah durian yang matang di pohon dan jatuh tanpa dipetik. Anda bisa mengeceknya melalui tangkainya.

Jika tangkainya tidak rata, maka berarti durian matang di pohon dan jatuh secara alami. Sebaliknya, jika bertangkai rata, maka durian itu bisa jadi hasil petik dan belum matang.

Demikian beberapa cara memilih durian yang bagus. Selamat mencoba!

(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts