5 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Penderita Batu Ginjal

Buah adalah makanan sumber vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, ada jenis buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita batu ginjal.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Buah adalah makanan sumber vitamin dan mineral yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, ternyata ada jenis buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita batu ginjal.

Penderita batu ginjal perlu memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya, termasuk buah apa saja yang dimakan.

Mengutip WebMD, makanan atau buah-buahan yang menjadi pantangan bagi penderita batu ginjal adalah yang mengandung tinggi oksalat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Oksalat adalah senyawa organik yang banyak ditemukan pada sumber alami, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran.

Pada beberapa orang, konsumsi oksalat tinggi dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan masalah kesehatan lain.

Agar tak memperparah kondisi penderita batu ginjal, sebaiknya hindari konsumsi buah-buahan berikut ini.

1. Kiwi

Kiwi juga termasuk buah yang tidak boleh dimakan penderita batu ginjal karena mengandung banyak oksalat.

Selain itu, mengutip MedicineNet, buah kiwi juga kaya akan potasium, yang mungkin menimbulkan masalah bagi penderita masalah ginjal.

2. Kurma

Kurma dikenal sebagai buah yang kaya manfaat untuk kesehatan. Buah ini mengandung banyak sekali nutrisi seperti karbohidrat, serat, kalium, zat besi, vitamin A, B, dan asam folat.

Meski demikian, penderita batu ginjal tidak disarankan mengonsumsi kurma secara berlebihan karena juga tinggi oksalat sekitar 24 miligram.

3. Raspberi




Ilustrasi. Raspberi adalah salah satu buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita batu ginjal. (Pixabay/DGlodowska)

Raspberi termasuk buah yang sehat karena mengandung antioksidan tinggi untuk tubuh. Namun, buah ini termasuk salah satu pantangan dan tidak boleh dimakan penderita batu ginjal karena tinggi kandungan oksalat.

Disebutkan bahwa kandungan oksalat dalam buah raspberi sekitar 48 miligram, jumlah yang tergolong tinggi jika dibandingkan dengan stroberi atau blueberi.

4. Alpukat

Alpukat mengandung potasium yang tinggi. Satu buah alpukat dengan berat sekitar 200 gram mengandung 975 mg potasium, hampir setengah dari jumlah harian yang direkomendasikan untuk penderita penyakit ginjal.

5. Buah kering




Buah AprikotIlustrasi. Salah satu buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita batu ginjal adalah buah kering. (morgueFile/MaxStraeten)

Buah-buahan kering tidak dianjurkan untuk penderita penyakit ginjal atau diabetes karena banyak mengandung gula dan mineral seperti potasium.

Faktanya, setengah cangkir (65 gram) aprikot kering mengandung sekitar 755 miligram potasium. Buah-buahan kering kaya akan gula yang cepat dicerna, yang tidak diinginkan jika Anda menderita diabetes dan batu ginjal.

Demikian 5 buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita batu ginjal. Sebaiknya dihindari.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts