5 Bagian Tubuh Ini Sering Lupa Dibersihkan Saat Mandi

Konon, semakin banyak busa yang dikeluarkan, semakin baik kerja sabun dalam membersihkan tubuh. Benarkah demikian?
Jakarta, CNN Indonesia

Sebagian orang sering kali lupa membersihkan bagian tubuh tertentu saat mereka mandi. Apa saja bagian tubuh yang sering lupa dibersihkan itu?

Read More

Mandi adalah salah satu rutinitas penting dan wajib dilakukan semua manusia di dunia ini. Meski memang cara mandi antara satu orang dengan orang yang lain tentu berbeda.

Bukan hanya cara, berapa kali Anda mandi dalam sehari atau sepekan juga akan berbeda. Ada yang dua kali sehari, satu kali sehari, atau hanya beberapa kali dalam sepekan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, ada satu kesamaan yang biasanya terjadi pada setiap orang saat mandi. Kesamaan ini berkaitan dengan bagian tubuh yang kerap diabaikan saat mandi.

Hingga akhirnya, bagian-bagian tubuh ini jadi bagian tubuh terkotor saking seringnya terlupakan saat mandi.

Bagian tubuh yang sering dilupakan saat mandi

Melansir Real Simple, para peneliti di Universitas George Washington menguji sebuah hipotesis yang berhubungan dengan mandi dan area tubuh yang sering dilupakan saat mandi. Hipotesis ini dikenal dengan istilah ‘The Grandmother Hypothesis’.

The Grandmother Hypothesis ini berkaitan dengan anjuran yang kerap disampaikan orang tua di masa lalu soal bagian-bagian tubuh yang harus dibersihkan saat mandi. Misalnya di bagian belakang telinga.

Profesor biostatistik dan bioinformatika di Universitas George Washington, Keith Crandall mengatakan ada tiga bagian tubuh yang sering jadi anjuran untuk dibersihkan oleh para orang tua.

Tiga bagian tubuh itu yakni belakang telinga, sela-sela jari kaki, dan yang terakhir pusar.

Tiga daerah ini menjadi dasar penelitian yang dilakukan Crandall dan timnya. Mereka mencari tahu kenapa tiga area ini penting dibersihkan.

Penelitian yang kemudian terbit di Jurnal Frontiers in Microbiology pada September lalu ini menemukan bahwa area tubuh yang tidak sering dicuci ini bisa memicu pertumbuhan bakteri. Bahkan, bisa terjadi masalah kulit mulai dari eksim hingga jerawat.

Untuk lebih jelasnya, berikut tiga bagian tubuh yang sering terlewat dibersihkan saat mandi menurut penelitian tersebut. Selain tiga bagian tubuh ini, ada beberapa bagian tubuh lain yang juga harus dibersihkan melansir berbagai sumber.

Berikut penjelasannya:

1. Belakang telinga




Ilustrasi. Belakang telinga termasuk bagian yang sering lupa dibersihkan saat mandi. (Istockphoto/kokouu)

Bagian belakang telinga bisa sangat berminyak. Kotoran bisa menempel tanpa Anda sadari di bagian tubuh yang sering dilupakan ini.

Akibatnya, kotoran ini bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan masalah kulit. Mulai dari jerawat, eksim, dan lain sebagainya. Penting untuk mencuci bagian belakang telinga seperti mencuci bagian tubuh lain yang terlihat saat mandi.

Anda bebas menggunakan jenis sabun apapun. Caranya juga mudah, cukup mengusap bagian belakang telinga dengan jari dan sabun, lalu bilas. Jangan lupa untuk mengeringkan dengan kain atau handuk setelah mandi.

2. Sela-sela jari kaki

Air dan sabun memang mengalir dari atas tubuh hingga ke jari kaki setiap kali Anda mandi. Tapi, hal ini ternyata tidak cukup membersihkan sela-sela jari kaki Anda.

Kulit di sela jari kaki menghasilkan minyak yang sama banyaknya dengan area tubuh lain. Jika tidak dibersihkan bisa menyebabkan jamur kuku atau masalah kulit lainnya.

Tidak sulit membersihkan sela-sela jari kaki. Anda bisa menggunakan sabun apapun yang biasa dipakai. Gosok perlahan area tersebut lalu bilas menyeluruh.

3. Bagian dalam pusar

Lubang di bagian bawah perut atau dikenal dengan sebutan pusar ini jadi salah satu area tubuh yang sering diabaikan saat mandi. Padahal, ini jadi area paling rawan dan harus selalu dibersihkan.

Pusar adalah bagian tubuh yang gelap, dan memiliki lipatan kulit di dalamnya. Sehingga jadi tempat ideal untuk sel kulit mati dan bakteri menumpuk jika tidak dibersihkan.

Akibatnya, tidak hanya bau, area ini juga bisa infeksi. Mulai dari gatal, radang, hingga terjadi keropeng mirip eksim.

Membersihkan pusar setiap satu atau dua hari saja sebenarnya cukup. Sama dengan bagian tubuh lainnya, area pusar juga tidak memerlukan sabun khusus.

Cukup gunakan jari yang sudah diberi sabun untuk menggosok bagian dalamnya dengan lembut. Lalu bilas dengan air. Jangan lupa untuk mengeringkannya setiap habis mandi.

4. Lidah




Young woman is looking on her tongue in the mirrorIlustrasi. Lidah termasuk bagian tubuh yang sering lupa dibersihkan saat mandi. (iStockphoto/privetik)

Selain tiga area tadi, lidah juga jadi salah bagian tubuh yang sering lupa dibersihkan saat mandi. Anda mungkin mengira, dengan menyikat gigi maka seluruh mulut sudah bersih, padahal ini salah.

Melansir Bustle, tidak membersihkan lidah bisa menyebabkan bau mulut. Bakteri akan menumpuk yang menyebabkan bau mulut.

Oleh karena itu, selain menyikat gigi, membersihkan lidah juga penting dilakukan. Anda bisa menggunakan alat pembersih lidah yang bisa digunakan setelah menyikat gigi.

5. Punggung

Punggung jadi area penting lainnya yang harus dibersihkan tapi justru sering diabaikan. Alasannya sepele, Anda tidak bisa melihatnya jadi hanya membersihkan ala kadarnya.

Padahal, punggung adalah salah satu area kulit terluas di tubuh dan bisa jadi tempat yang nyaman untuk bakteri, kotoran, hingga sel kulit mati menetap di semua pori-porinya. Semua hal ini jika tidak dibersihkan bisa menyebabkan jerawat punggung.

Pastikan Anda mencuci dan melakukan eksfoliasi punggung secara teratur. Karena area ini agak sulit dijangkau, pakailah scrubber punggung untuk memastikan semua area terjangkau saat mandi.

(tst/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts