4 Sayuran yang Boleh Dimakan Penderita Batu Ginjal

Sayuran berprotein tinggi sangat baik untuk kesehatan. Jika selama ini Anda mengenal protein berasal dari daging dan ikan, ternyata ada juga dari sayuran.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Penderita batu ginjal perlu benar-benar memperhatikan asupan makanan termasuk sayuran. Berikut sayuran yang boleh dimakan penderita batu ginjal.

Batu ginjal adalah massa keras seperti kerikil yang terbentuk pada ginjal. Yang berukuran kecil bisa lolos bersama air kencing tanpa masalah. Namun yang besar bisa menyumbat aliran urine.

Selain pengobatan, pasien batu ginjal wajib memperhatikan diet dan ini bisa berbeda pada tiap pasien.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sayuran yang boleh dimakan penderita batu ginjal

Ada beragam jenis batu ginjal dan rencana diet tiap pasien bisa saja berbeda. Melansir dari Livestrong, ada makanan yang baik untuk batu ginjal yang terdiri dari kalsium dan oksalat tapi tidak baik untuk batu ginjal yang terdiri dari asam urat, begitu pula sebaliknya.

Penderita batu ginjal pun tidak perlu mengeliminasi sayuran dari diet harian. Ada pun sayuran yang boleh dimakan penderita batu ginjal sebagai berikut.

1. Kale

Penderita batu ginjal khususnya yang terbentuk dari kalsium dan oksalat dianjurkan tidak mengonsumsi sayuran tinggi oksalat. Sayuran tinggi oksalat antara lain, bayam, bit, ubi, rhubarb, dan Swiss chard.

Sebaiknya ganti dengan sayuran yang tinggi kalsium untuk mencegah mineral oksalat saling berikatan dan mengkristal salah satunya kale.

Mengutip dari Medical News Today, sekitar 118 g kale rebus mengandung lebih dari 177 mg kalsium. Selain itu, tubuh juga akan mendapat pasokan serat, vitamin C, dan mineral lain seperti, zat besi, magnesium, fosfor, dan zinc.

2. Bok choy

Selain kale, sayuran tinggi kalsium lain adalah bok choy. Jenis sawi satu ini banyak digunakan dalam Chinese food. Bok choy sebenarnya masih bersaudara dengan brokoli, kembang kol dan kale.

Melansir dari Eating Well, sekitar 100 g bok choy matang mengandung 158 mg kalsium. Bok choy juga tinggi serat (2 g), potassium (631 mg) dan vitamin C (44 mg).

3. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang boleh dimakan penderita batu ginjal. Sayuran satu ini biasanya dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan K.

Melansir dari Healthline, dalam 90 g brokoli mentah memenuhi 91 persen kebutuhan vitamin C harian dan 77 persen vitamin K harian.

Brokoli pun tinggi kalsium. Data dari US Department of Agriculture, sebanyak 100 g brokoli mentah mengandung 47 mg kalsium.

4. Edamame

Edamame kerap disajikan sebagai side dish di restoran atau sekadar camilan di rumah. Edamame sebenarnya merupakan kacang kedelai yang dipanen sebelum benar-benar matang.

Selain rendah kalori dan bebas gluten, edamame juga tinggi kalsium sehingga sayuran yang boleh dimakan penderita batu ginjal.

Mengutip Medical News Today, dalam 160 g edamame matang mengandung 97,6 mg kalsium.

(els/chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts