4 Manfaat Lada atau Merica untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jadi Dekongestan Alami!

Pasti kalian tidak asing dengan rempah yang bernama merica atau lada yang digunakan untuk membuat makanan terasa sedap. Selain untuk membuat makanan lebih sedap, merica atau lada ini juga mempunyai kandungan seperti piperine.

Read More

Baik lada hitam ataupun lada putih keduanya sama-sama berasal dari tanaman yang sama dan mempunyai khasiat. Letak perbedaan antara lada hitam dan lada putih ini pada proses pengolahannya. 

Lada hitam ini dibuat dengan cara memasak biji lada mentah yang sudah dikeringkan, sedangkan lada putih dibuat dengan cara dimasak dan dikeringkan biji lada yang sudah matang di pohon. 

Selain itu, lada juga mengandung beberapa nutrisi lain seperti piperine atau senyawa tanaman dan juga folat, vitamin A, E, dan K. 

Tidak hanya itu, lada hitam dan lada putih ini juga mengandung berbagai macam mineral untuk tubuh seperti kalsium, zat besi dan kalium.  Seperti dirangkum dari sehatq, berikut ini adalah empat manfaat lada untuk kesehatan tubuh. 

1. Membuat Napas Lega

Lada atau merica ini rupanya bisa menjadi dekongestan alami yang artinya bisa mengencerkan lendir penyebab hidung tersumbat agar mudah dikeluarkan. 

Oleh karena itu, apabila kamu sedang mengalami flu bisa mengonsumsi sup ayam hangat dengan ditambahkan lada yang bisa membantu dalam melegakan pernapasan. 

2. Bantu Mencegah Kanker

Manfaat lada yang lainnya adalah bisa mencegah kanker hal ini lantaran kandungan piperine yang bisa mencegah kanker payudara. 

Kemudian perpaduan lada dengan kunyit juga akan semakin baik bagi kesehatan tubuh manusia dalam mencegah kanker ini. 

3. Baik untuk Otak

Dalam ekstrak lada hitam dipercaya bisa mengatasi  gejala penyakit gangguan fungsi otak seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson

Manfaat lada hitam ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji, walaupun masih membutuhkan penelitian yang lebih luas.

4. Bisa Turunkan Kolesterol

Selain beberapa manfaat di atas, lada hitam ternyata juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kemudian senyawa piperine di dalam lada pun disebut bisa mempercepat penyerapan komponen-komponen yang mampu menurunkan kolesterol tersebut.

Nah itulah tadi beberapa manfaat lada bagi kesehatan yang mungkin jarang diketahui oleh orang. Semoga bermanfaat. 

Video yang Mungkin Anda Suka.



Sumber: yoursay.suara.com

Related posts