4 Cara Menjaga Makanan agar Tetap Bersih, Terhindar dari Penyakit

Cara menjaga makanan agar tetap bersih perlu diterapkan agar terhindar dari keracunan dan berbagai macam penyakit. Simak caranya.
Jakarta, CNN Indonesia

Cara menjaga makanan agar tetap bersih perlu diterapkan agar terhindar dari keracunan dan terserang berbagai macam penyakit.

Read More

Pasalnya, makanan yang tidak bersih dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bahkan hingga kematian. Meski terlihat sepele, tetapi masih banyak orang yang tidak memerhatikan kebersihan makanan.

Melansir laman FDA, setiap tahun banyak orang sakit disebabkan oleh makanan yang bisa dibilang kurang bersih. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada Anda atau orang-orang yang Anda sayangi.

Oleh sebab itu, pastikan makanan yang Anda dan keluarga konsumsi bersih dan higienis agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Berikut sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan makanan sehingga aman dikonsumsi.

1. Mencuci buah dan sayuran


Ilustrasi. Cara menjaga makanan agar tetap bersih, salah satunya cuci buah dan sayuran (Foto: Picjumbo)

Tips pertama yang dapat dilakukan adalah membersihkan buah dan sayuran sebelum dikonsumsi. Pasalnya, permukaan buah dan sayuran rentang terkena bakteri yang membahayakan tubuh.

Adapun cara mencuci buah dan sayuran adalah dengan menggunakan air mengalir dan menggosoknya secara perlahan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan wadah untuk membantu proses mencuci buah dan sayuran agar lebih mudah. Mulailah mencuci buah atau sayuran dari yang terlihat paling kotor.

2. Mengolah daging dengan benar

Hindari mencuci daging mentah seperti ikan, ayam, dan makanan laut. Percikan dari air cucian dikhawatirkan dapat mengenai peralatan memasak. Selain itu, bakteri yang hinggap pada daging merah juga tidak akan bersih hanya dengan dicuci air.

Adapun cara terbaik untuk membersihkan daging mentah adalah dengan merendam seluruh bagiannya ke dalam air, lalu gosok menggunakan perasan jeruk nipis. Kemudian, Anda bisa mengolahnya atau membekukannya untuk stok.

Selain itu, cara mengolah daging juga perlu diperhatikan. Pastikan daging dimasak dengan matang sempurna untuk menjaga kebersihannya.

Cara mengecek kematangan daging adalah dengan memotong daging dan lihat apakah bagian tengahnya berubah warna dan mengeluarkan asap.

3. Membersihkan alat masak dan pisahkan


Ilustrasi Alat MasakIlustrasi. Cara menjaga makanan agar tetap bersih, salah satunya bersihkan alat masak (Foto: dward99/morgueFile)

Setelah membersihkan sayuran, langkah berikutnya adalah mencuci peralatan memasak. Anda harus langsung mencuci alat memasak setiap habis digunakan.

Perhatikan juga penggunaan peralatan memasak. Jangan sampai Anda menggunakan pisau atau peralatan yang sama untuk mengolah makanan mentah dan makanan matang.

Ini dilakukan agar tidak terjadi kontaminasi silang atau cross contamination yang membuat makanan kurang bersih akibat transfer bakteri dari alat masak.

4. Membersihkan tangan

Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan tangan bersih saat proses memasak berlangsung. Tangan Anda harus dalam keadaan bersih sebelum dan saat mengolah bahan makanan. Terutama jika ada bahan makanan yang berbeda.

Selain itu, pastikan juga tangan Anda dalam keadaan bersih setelah mengolah bahan makanan dan sebelum makan.

5. Menyimpan bahan makanan dengan baik

Penyimpanan makanan juga harus diperhatikan karena dapat memengaruhi kondisi dan kualitas makanan. Bahan makanan harus dipastikan kebersihannya baik sejak persiapan hingga akan dikonsumsi.

Pastikan tidak ada serangga seperti lalat, kecoa, tikus, dan lainnya yang membawa bakteri dan hinggap di bahan makanan.

Anda dapat melindungi makanan dan bahan makanan dengan memanfaatkan tudung saji, lemari, kulkas, atau area menyimpan makanan lainnya.

Demikian cara menjaga makanan agar tetap bersih. Selamat mencoba!

(juh)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts