3 Kebiasaan Sepele yang Bikin Gigi Berantakan, Dilakukan Sejak Kecil

Orang biasanya ke dokter untuk membersihkan karang gigi. Membersihkan karang gigi juga bisa dilakukan di rumah. Seperti apa caranya?

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Siapa yang tak menginginkan gigi rapi berjajar sempurna? Jika Anda menginginkannya, hindari beberapa kebiasaan sepele berikut yang bikin gigi berantakan.

Kerapihan gigi bukan cuma buat meningkatkan rasa percaya diri, tapi juga berpengaruh untuk kesehatan, baik fisik maupun mental.

Namun demikian, dokter gigi spesialis ortodonti Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Irwin Lesmono mengatakan, tidak semua orang bisa memiliki gigi rapi. Bentuk gigi sendiri bisa berantakan, tonggos, bertumpuk, hingga ukuran yang tidak seragam.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kenyataannya, gigi berantakan terjadi karena beberapa kebiasaan sehari-hari yang dilakukan sejak kecil.

“Penyebab gigi berantakan itu memang kebiasaan. Terus, lingkungan yang tidak atau dalam tanda kutip mendukung kebiasaan buruk ini,” kata Irwin dalam diskusi media yang digelar RSPI di Jakarta Selatan, Kamis (25/1).

Kebiasaan yang bikin gigi berantakan

Oleh karena itu, sangat penting mendeteksi dan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa bikin gigi berantakan. Berikut di antaranya.

1. Mengemut ibu jari

Kebiasaan ini banyak dilakukan anak. Orang tua mungkin menganggapnya sebagai hal sepele. Tapi, jika dibiarkan terus, kebiasaan ini bisa memengaruhi struktur gigi anak yang berefek hingga dewasa.

“Secara tidak sadar gigi bagian atas terdorong ke depan, sebaliknya gigi bawah terdorong ke belakang. Nanti kalau dibiarkan terus, gigi jadi tonggos,” kata Irwin.

2. Menggigit bibir bawah

Kebiasaan yang sepele ini bukan hanya dilakukan anak-anak, orang dewasa juga sering melakukannya.

Tapi, tanpa Anda sadari, kebiasaan menggigit bibir bawah juga memiliki efek seperti mengemut ibu jari. Yakni, bikin struktur gigi jadi tonggos.

3. Bernapas dari mulut




Ilustrasi. Bernapas dari mulut, salah satu kebiasaan yang bikin gigi berantakan. (iStock/Prostock-Studio)

Kebiasaan ini bisa memicu rongga mulut menjadi sempit. Alhasil, tempat tulang gigi tumbuh jadi sempit dan kecil.

Efeknya, gigi akan tumbuh menumpuk dan membuatnya jadi berantakan.

“Jadi tugas orang tua memperhatikan anak-anaknya agar tidak melakukan tiga kebiasaan buruk ini. Lebih baik dicegah daripada kondisi gigi dan mulut anak berantakan yang efeknya bisa berlanjut hingga dewasa,” kata dia.

Demikian penjelasan dokter tentang kebiasaan yang bikin gigi berantakan. Hindari kebiasaan-kebiasaan di atas agar gigi rapi sempurna.

[Gambas:Video CNN]

(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts