3 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Mudah Tak Perlu Keluar Biaya

Hidung tersumbat menjadi salah satu gejala penyakit flu yang membuat banyak orang merasa tidak nyaman. Selain mengganggu sistem pernapasan, kondisi hidung yang tersumbat akan menyulitkan kita dalam menjalani aktivitas lain.

Read More

Flu yang dibarengi dengan gejala hidung tersumbat menjadi salah satu penyakit yang sangat sering dialami oleh banyak orang, terlebih lagi di musim pancaroba seperti saat ini.

Kondisi tersebut bisa mengganggu aktivitas sehari-hari karena menimbulkan rasa tidak nyaman saat akan menghirup udara melalui lubang hidung.

Jika kalian sedang mengalami kondisi serupa, jangan khawatir ya. Karena ada banyak cara ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu.

Dilansir dari Alodokter, berikut ini cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dilakukan dirumah pastinya tidak membutuhkan banyak biaya berlebih.

1. Perbanyak minum air putih

Kondisi tubuh yang sedang terserang flu dan menyebabkan hidung terasa tersumbat bisa diatasi dengan memperbanyak frekuensi minum air putih.

Selain untuk menjaga agar cairan tubuh tetap terpenuhi, meminum air putih bisa menimbulkan perasaan lega saat mencoba menghirup udara.

Minum air putih saat sedang tidak enak badan memang sangat dianjurkan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan kehilangan banyak cairan.

2. Menghirup uap air hangat

Selanjutnya, cara lain yang bisa dicoba untuk melegakan hidung tersumbat adalah dengan menghirup uap air hangat.

Pertama, rebus air secukupnya. Setelah mendidih tuang di sebuah wadah anti panas seperti mangkok.

Air tersebut akan mengeluarkan uap hangat, nah kalian bisa menghirup uap air yang ada dengan cara mendekatkan wajah ke arah uap air tersebut. Pastikan tidak terlalu dekat agar wajah tidak terasa panas.

3. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Meskipun hidung tersumbat membuat kalian susah untuk tidur, ternyata ada sebuah trik yang bisa mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

Tumpuk dua sampai tiga bantal dan posisikan kepala kalian sedemikian rupa agar posisi kepala lebih tinggi daripada badan.

Posisi tersebut akan membuat kalian merasa lebih nyaman karena bisa membuat sistem pernapasan atas lebih lega untuk menghirup udara.

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi kondisi hidung tersumbat akibat gejala flu yang sering menghampiri saat momen pergantian musim seperti saat ini. Semoga bermanfaat.



Sumber: yoursay.suara.com

Related posts