10 Maskapai Teraman di Dunia, Nyaris Tanpa Insiden Kecelakaan

Singapore Airlines turun takhta dari daftar Maskapai Terbaik Dunia tahun ini, dan posisinya direbut maskapai internasional dari Prancis bernama La Compagnie.
Jakarta, CNN Indonesia

Tahukah kamu bahwa menumpangi pesawat adalah salah satu cara paling aman dalam bepergian? Jika tidak, Anda bisa mengetahuinya dari daftar maskapai teraman di dunia berikut ini.

Read More

Pada dasarnya, kecelakaan fatal pesawat jet komersial jarang terjadi. Dunia penerbangan selalu mengedepankan inovasi dan kualitas.

Pada tahun 2022 lalu, berdasarkan data dari International Air Transport Association (IATA) misalnya, ada lima kecelakaan fatal pesawat dari total 32,2 juta penerbangan. Angka ini menurun dari tahun 2021 dengan 7 kasus kecelakaan pesawat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemimpin Redaksi Airline Ratings Geoffrey Thomas menilai bahwa semua maskapai mengalami insiden setiap hari. Namun sebagian besar disebabkan oleh masalah manufaktur, bukan masalah operasional maskapai.

“Cara awak pesawat menangani insiden ini-lah yang menentukan maskapai mana yang baik dan mana yang tidak aman,” katanya.

Setiap tahunnya, Airline Ratings membuat pemeringkatan maskapai teraman di dunia dengan memantau 365 maskapai.

Pemeringkatan ini memperhitungkan faktor-faktor yang mencakup kecelakaan yang terjadi dalam lima tahun terakhir, insiden dengan potensi bencana dalam dua tahun terakhir, hingga audit keselamatan publik dan swasta, usia armada, jumlah penumpang yang diterbangkan, dan jumlah sektor.

Berikut adalah daftar maskapai paling aman di dunia versi Airline Ratings, mengutip Afar.

1. Qantas

Qantas atau Queensland and Northern Territory Aerial Service sudah berdiri sejak 1920. Qantas nyaris bebas kecelakaan, yang menjadikannya sebagai yang paling aman di dunia dari tahun ke tahun.

Qantas punya 125 pesawat dengan usia rata-rata sekitar 12 tahun. Angka ini berada di bawah rata-rata global, yakni sekitar 16 tahun.

2. Air New Zealand




Ilustrasi. Airline Ratings merilis daftar maskapai teraman di dunia. (iStockphoto/GordZam)

Maskapai ini berhasil mempertahankan posisi di urutan teratas. Mereka punya catatan keselamatan yang patut dicontoh dan mengoperasikan sebagian besar penerbangan ultra-panjang.

Air New Zealand terbang ke 22 destinasi domestik dan 26 destinasi internasional di lebih dari 15 negara.

3. Etihad Airways

Maskapai yang berbasis di Abu Dhabi ini merupakan salah satu penerbangan yang usianya masih muda, yaitu sekitar 20 tahun.

Namun, mereka punya jadwal terbang ke lebih dari 80 tujuan di lima benua yang mengoperasikan 90 pesawat dengan usia rata-rata tujuh tahun.

Simak daftar maskapai teraman di dunia lainnya di halaman berikutnya..




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts