10 Kota Paling Banyak Dikunjungi di Dunia 2023, Ada Mekkah

Kota yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2023 menurut Euromonitor International ternyata adalah Istanbul, yang merupakan ibu kota Turki.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Membayangkan sebuah kota yang sibuk dan menjadi magnet turis, barangkali kota-kota seperti London, Paris, atau Bangkok mungkin muncul di benak Kamu.

Namun, seperti dilansir Time Out, menurut Euromonitor International, tidak satu pun dari kota-kota tadi yang menempati posisi teratas kota yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2023.

Kota yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2023 menurut Euromonitor International ternyata adalah Istanbul, yang merupakan ibu kota Turki.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Istanbul sebenarnya merupakan kota dengan jumlah kedatangan internasional terbanyak pada tahun lalu. Ibu kota ekonomi dan budaya Turki ini menyambut kedatangan 20,2 juta pengunjung pada tahun 2023,

Pada tahun 2024, jumlah kedatangan tersebut diprediksi akan terus meningkat. Penyebabnya kenaikan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara ke Turki pun jelas.

Negara itu baru-baru ini melonggarkan persyaratan visa bagi wisatawan dari AS dan Kanada, dan dengan kekayaan situs budaya yang mempesona serta persilangan budaya Asia dan Eropa, tidak heran Istanbul begitu populer.

Tapi, sangat tinggi pengunjung di sektor pariwisata tidak selalu merupakan berkah, salah satu yang mulai mengontrol jumlah kunjungan wisatawan adalah Hagia Sophia. Setiap tahun, turis yang datang ke Hagia Sophia di Istanbul mencapai 3,5 juta orang.

Kini Hagia Sophia menerapkan biaya masuk kepada turis, yang dikenakan sebesar 25 euro per pengunjung. Namun, sungguh menggembirakan melihat upaya yang dilakukan untuk melestarikan elemen bersejarah kota tersebut.

Dalam daftar kota paling banyak dikunjungi pada 2023, London berada di peringkat kedua dengan jumlah pengunjung sebanyak 18,8 juta orang.

Mengingat jumlah pengunjung kota tersebut telah kembali ke tingkat sebelum pandemi, hal ini bukanlah sebuah kejutan. Di posisi ketiga ada Dubai 16,8 juta pengunjung selama 2023, dan kota di Turki lainnya, Antalya, berada di posisi keempat.

Paris sendiri hanya menduduki urutan kelima. Yang menarik, Kota Mekkah di Arab Saudi turut masuk daftar ini dengan menempati peringkat ke-10. 

1. Istanbul

2. London

3. Dubai

4. Antalya

5. Paris

6. Hong Kong

7. Bangkok

8. New York

9. Cancun

10. Mekkah.

(wiw)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts