10 Kebiasaan Buruk yang Bikin Cepat Gemuk, Jangan Kebanyakan Duduk

Lemak membandel di beberapa bagian tubuh, termasuk punggung adalah sesuatu yang ingin dihindari siapapun. Berikut ini tips hilangkan lemak di punggung

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Jika salah satu resolusi 2024 Anda adalah menurunkan berat badan, sebaiknya setop melakukan kebiasaan buruk yang bikin cepat gemuk. Apa saja?

Punya tubuh langsing dan sehat jadi dambaan banyak orang. Namun, jika Anda masih sering ngemil atau tidak cukup istirahat, sebaiknya jangan pernah berharap lebih untuk mendapatkan berat badan ideal.

Kebiasaan lama memang sulit dihilangkan, namun inilah yang mengganggu upaya penurunan berat badan. Karena itu jangan heran jika Anda sudah rutin berolahraga, tapi Anda masih merasa punya tubuh yang gemuk.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ahli diet dari Weight Loss Clinic, Kathleen Zelman, mengatakan kuncinya adalah menyudahi kebiasaan buruk yang lama dan mulailah kebiasaan baru yang lebih sehat.

“Lakukan sesuatu yang baru selama 21 hari, dan Anda bisa menghentikan kebiasaan itu,” kata Zelman mengutip WebMD.

Melansir berbagai sumber, berikut ini 10 kebiasaan buruk yang bikin Anda cepat gemuk.

1. Konsumsi daging olahan

Kebiasaan mengonsumsi daging olahan bisa cepat menambah berat badan. Melansir dari Food Network, riset yang diterbitkan di New England Journal of Medicine menemukan salah satu kebiasaan utama yang menambah berat badan adalah ngemil keripik kentang, daging merah yang tidak diolah (steak) dan daging olahan. Konsumsi pangan ini setiap hari bisa bikin cepat gemuk.

2. Pilih makanan serba ‘low fat’

Sebagian orang menganggap pangan berlabel ‘low fat’ alias rendah lemak itu aman buat berat badan. Padahal, lemak tidak serta merta bikin badan gemuk.

Produsen pangan biasanya mengganti lemak dengan karbohidrat sederhana yang cepat dicerna dan memicu lonjakan gula darah. Lonjakan gula darah ini pun diikuti dengan kadar gula darah yang anjlok dan mengundang rasa lapar.

Anda bisa kegemukan gara-gara ingin makan lagi dan lagi.

3. Makan dengan terburu-buru




Ilustrasi. Salah satu kebiasaan buruk yang bikin cepat gemuk adalah makan terburu-buru. (iStock/SolStock)

Sebagian orang masih makan dengan sangat cepat dengan berbagai alasan, termasuk kesibukan sehari-hari. Sayangnya, makan dengan terlalu buru-buru termasuk kebiasaan buruk yang bikin cepat gemuk.

Mengutip Healthline, sebuah studi di jurnal BMJ menunjukkan bahwa orang yang makan dengan cepat cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Ini karena tubuh memerlukan waktu untuk memberi tahu otak bahwa ia sudah kenyang. Dengan demikian, orang yang makan dengan cepat dapat dengan mudah makan lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuhnya sebelum merasa kenyang.

4. Makan makanan asin

Banyak orang sudah mulai paham bahwa konsumsi gula berlebih bisa memicu tumpukan lemak. Lantas, bagaimana dengan garam? Sebagian melihat garam sebagai bumbu biasa dan tidak berkaitan dengan berat badan.

Padahal, dilansir dari Eat This Not That, konsumsi garam berlebihan akan membuat Anda lebih gemuk karena menahan banyak cairan di tubuh.

Deret pangan tinggi garam antara lain, daging olahan, keju, saus salad dan aneka kondimen seperti saus cabai dan kecap manis.

5. Kurang minum




Ilustrasi perempuan minum air mineralIlustrasi. Salah satu kebiasaan buruk yang bikin cepat gemuk adalah kurang minum air putih. (iStock/Pongtep Chithan)

Kurang minum jadi salah satu kebiasaan buruk yang membuat badan cepat gemuk.

Penelitian di University of Utah menemukan peserta diet yang minum dua gelas air sebelum makan bisa menghilangkan berat badan 30 persen lebih banyak ketimbang peserta yang tidak minum.

Efeknya pun makin besar saat air ditambah es. Peneliti Jerman menemukan enam cangkir air dingin akan meningkatkan metabolisme yang membakar 50 kalori setiap hari.

6. Makan dengan piring besar

Ukuran piring makan bakal mempengaruhi berat badan. Studi yang diterbitkan di jurnal Obesity Science & Practice menemukan 98,6 persen orang yang obesitas memilih piring yang lebih besar.

Sebaiknya, jaga porsi makan dengan menggunakan piring kecil. Anda selalu bisa tambah makan lagi saat yang disantap sudah habis.

7. Pelampiasan emosi dengan makan

Pernah merasa sedih dan ingin makan untuk mendapat kenyamanan? Hati-hati, ini salah satu kebiasaan buruk yang membuat badan cepat gendut.

Ada istilah yang disebut ’emotional eater’. Istilah ini disematkan pada orang yang menggunakan aktivitas makan sebagai respons terhadap stres emosiosional.

Studi dari University of Alabama menemukan emotional eater 13 kali lebih berisiko kelebihan berat badan atau obesitas.

8. Melewatkan sarapan

Sebuah studi dari American Journal of Epidemiology menemukan bahwa orang yang tidak sarapan memiliki kemungkinan 4,5 kali lebih besar untuk mengalami obesitas.

Mengapa? Melewatkan makan akan memperlambat metabolisme dan meningkatkan rasa lapar. Hal ini menempatkan tubuh Anda dalam mode penyimpanan lemak utama dan meningkatkan peluang Anda untuk makan berlebihan pada waktu makan berikutnya.

9. Terlalu banyak duduk

Terlalu banyak duduk juga bisa menyebabkan Anda lebih cepat gemuk. Karena itu, jika Anda memiliki pekerjaan yang punya intensitas duduk yang lebih banyak lama, maka imbangilah dengan berjalan-jalan kecil.

Sebuah studi pada 2015 dalam Clinical Journal of American Society of Nephrology menemukan bahwa berjalan kaki dua menit setiap jam sebenarnya dapat membantu mengimbangi efek terlalu banyak duduk.

10. Kurang tidur

Sayangnya, kurang tidur sangat terkait dengan penambahan berat badan. Hal ini disebabkan banyak faktor, antara lain perubahan hormonal dan kurangnya motivasi untuk berolahraga.

Demikian 10 kebiasaan buruk yang bisa bikin cepat gemuk. Sebaiknya hindari dan ubah dengan kebiasaan yang lebih sehat seperti konsumsi makanan gizi seimbang, cukup tidur dan olahraga, serta banyak minum air putih.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts