10 Ide Menu Masakan untuk Hari Ayah Nasional, Ikan Bakar hingga Pasta

Memasak makanan kesukaan ayah tentu bisa membuatnya merasa jadi istimewa. Simak ide menu masakan untuk Hari Ayah Nasional.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Memasak makanan kesukaan Ayah di Hari Ayah tentu bisa membuatnya merasa jadi istimewa dan lebih dihargai.

Apabila merasa bingung harus memasak makanan apa, berikut ide menu masakan untuk Hari Ayah Nasional yang bisa dijadikan referensi untuk dimasak di rumah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terutama jika momentum Hari Ayah ini hanya akan dirayakan di rumah saja sambil kumpul keluarga, agenda makan-makan tentunya bakal cocok untuk dinikmati bersama.

Ide Menu Masakan untuk Hari Ayah Nasional

Supaya Hari Ayah Nasional yang dirayakan di rumah terasa spesial, di bawah ini ide menu yang bisa dimasak.

1. Ikan bakar ala Jimbaran

Ikan bakar yang disajikan dengan bumbu ala Jimbaran Bali bisa menjadi menu pas untuk perayaan Hari Ayah.

Anda tinggal pilih jenis ikan yang sekiranya disukai ayah, mungkin saja ikan gurame, kakap, baronang, kuwe, bawal, mahi-mahi, kerapu, atau lainnya.

Resep ikan bakar ala Jimbaran ini menggunakan bumbu-bumbu rempah sebagai olesannya, bukan sekadar bumbu kecap. Rasanya pasti enak, gurih, pedas, dan bikin ketagihan.

2. Iga bakar bumbu BBQ

Iga sapi bakar bumbu barbeque (BBQ) mempunyai perpaduan rasa pedas manis dan gurih yang pas menjadi satu.

Menu iga BBQ ini bisa menjadi salah satu ide masakan di rumah saat Hari Ayah. Cara masaknya juga gampang karena bisa menggunakan bumbu saus BBQ instan.

Iga yang sudah bersih tinggal dimarinasi dengan saus BBQ dan bawang-bawangan, setelahnya dibakar sampai matang dan dinikmati bersama nasi hangat serta sambal.

3. Cabai daging sapi

Jika Ayah di rumah suka makanan pedas, silakan coba menu cabai daging sapi iris sebagai suguhannya di Hari Ayah.

Cara memasak menu ini mudah karena cukup menggunakan daging sapi khas dalam yang sudah diiris tipis-tipis, kemudian marinasi dengan kecap asin, saus tiram, dan lemon.

Sementara bumbunya hanya memakai cabai rawit dan keriting diiris, bawang merah, dan bawang putih cincang. Semua bumbu ditumis dan campur dengan daging lalu dimasak sampai matang.

4. Risotto daging ayam

Mau memasak menu unik dari biasanya saat Hari Ayah? Boleh jajal risotto daging ayam. Proteinnya bisa diganti menggunakan daging sapi cincang.

Risotto adalah hidangan nasi campur khas Italia Utara, yaitu beras yang dimasak dengan kaldu hingga lengket menyerupai krim.

Kaldu yang digunakan bisa berasal dari daging, ikan, atau sayuran. Kemudian dimasak dengan menambahkan mentega, keju, dan bawang supaya rasanya gurih.

5. Sayap ayam madu

Ide menu masakan untuk Hari Ayah Nasional berikutnya ada sayap ayam madu yang proses memasaknya dilakukan dengan cara dipanggang.

Anda bisa menggunakan bagian sayap ayam saja untuk memasak menu ini. Kemudian sayap ayamnya dimarinasi dengan bumbu-bumbu rempah dan madu.

Rasa dari sayap ayam madu yang dipanggang ini hampir mirip ayam bakar, yaitu manis gurih tapi teksturnya tidak terlalu kering dan dagingnya masih lembut serta juicy.

6. Sop daging

Menu klasik yang bikin Ayah di rumah senang yaitu sop daging. Olahan sop daging ini termasuk comfort food, yaitu makanan yang dapat menimbulkan nostalgia bagi yang menikmatinya.

Menu sop daging ini pun cocok dinikmati segala usia. Mulai dari ayah, ibu, sampai anak-anak. Rasa dari sop daging sendiri memiliki ciri khas gurih dengan sensasi hangat dari merica.

7. Gurame sambal tombur

Gurame sambal tombur adalah menu makanan khas Batak. Sajian ikan guramenya bisa digoreng atau dibakar.

Sementara sambal natinombur atau tombur ini dibuat menggunakan rempah-rempah dan campuran andaliman, yaitu merica khas Medan yang sering dijadikan bumbu masakan.

8. Gulai tunjang sapi

Gulai tunjang sapi merupakan makanan khas Minang yang memiliki cita rasa gurih, pedas, dan segar saat disantap.

Menu gulai tunjang sapi ini termasuk cocok disajikan di momentum Hari Ayah. Apalagi tekstur tunjang yang lembut, kenyal, dan kuah kemerahan yang pedas, dijamin rasa lezatnya tak ada dua.

9. Asam padeh ikan kakap

Masih dari sajian makanan khas Minang, menu spesial Hari Ayah berikutnya ada asam padeh ikan kakap.

Ikan kakapnya dimasak dengan bumbu gulai rempah kuah merah sehingga menciptakan rasa asam segar, pedas, dan gurih.

10. Pasta klasik

Sajian pasta klasik bisa menjadi ide menu masakan untuk Hari Ayah Nasional, terutama jika ayah gemar makan makanan ala western yang praktis.

Jenis pasta yang bisa digunakan antara lain fusilli, spaghetti, fettuccine, penne, linguine, macaroni, atau lainnya. Begitu juga dengan saus pasta klasik, pilihannya ada marinara yaitu campuran tomat dan bawang-bawangan.

Untuk alfredo yaitu kombinasi klasik dari krim, mentega, dan keju, atau pesto yang menggunakan bawang, minyak zaitun, aneka kacang, ketumbar, dan limau.

Itulah beberapa rekomendasi ide menu masakan untuk Hari Ayah Nasional yang bisa dicoba di rumah.

(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts