10 Gejala Depresi, ‘Warning Sign’ Anda Butuh Bantuan Psikolog

Aktor senior Rudy Salam sempat mengalami depresi sebelum meninggal dunia. Apa saja gejala-gejala depresi?
Jakarta, CNN Indonesia

Aktor senior Rudy Salam disebut pernah mengalami depresi dalam waktu lama sebelum akhirnya meninggal dunia pada Jumat (18/11) lalu.

Read More

Depresi memang menjadi salah satu masalah mental yang mendominasi saat ini. Anda perlu waspada beberapa gejala depresi seperti yang dialami Rudy Salam. Beberapa gejalanya kerap disepelekan.

Depresi adalah perasaan sedih dan putus asa yang berlangsung dalam jangka waktu lama. Lebih dari sekadar kesedihan, depresi bisa mengubah cara seseorang berpikir dan merasakan sesuatu.

Tak cuma itu, depresi juga membuat seseorang tak bisa menikmati hidup. Saat mengalami depresi, aktivitas harian tentu akan terganggu.

Gejala Depresi

Gejala depresi seperti yang pernah dialami Rudy Salam akan bervariasi pada masing-masing individu. Semakin banyak dan semakin lama gejala yang dialami, semakin besar kemungkinan seseorang mengalami depresi.

Berikut beberapa tanda depresi yang perlu diwaspadai.

1. Kehilangan minat

Mengutip Healthline, depresi dapat menghilangkan minat seseorang akan hal-hal yang sebelumnya disukainya. Misalnya, jika Anda biasanya menyukai olahraga, namun tiba-tiba saja suatu kondisi membuat Anda justru menghindarinya, maka itu bisa jadi salah satu gejala depresi.

Kehilangan minat bisa berlaku pada apa pun. Termasuk juga pada gairah seks yang menurun.

3. Sering merasa lelah


Ilustrasi. Sering kelelahan, gejala depresi kondisi yang sempat dialami Rudy Salam. (iStock/Nicola Katie)

Salah satu alasan seseorang berhenti melakukan hal-hal yang disukai adalah rasa lelah. Orang yang mengalami depresi bisa mengalami rasa lelah yang tak bisa dijelaskan.

Sebagaimana diketahui, depresi sering kali membuat seseorang kehabisan energi dan mengalami rasa lelah yang luar biasa. Kondisi ini juga bisa membuat seseorang tidur berlebihan.

4. Sulit tidur

Dalam beberapa kasus, depresi juga bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia. Berbagai pikiran yang berkecamuk di kepala membuat seseorang sulit menentukan waktu untuk beristirahat.

5. Cemas

Depresi dan kecemasan saling terkait satu sama lain. Berikut beberapa gejala kecemasan yang mungkin dialami:

– gugup, gelisah, tegang,
– perasaan ada bahaya, panik, dan ketakutan,
– detak jantung cepat,
– napas cepat,
– gemetar atau otot sering berkedut,
– sulit fokus.

6. Mudah marah

Penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengalami depresi ditemukan lebih mudah marah. Tak cuma itu, perilaku-perilaku berisiko seperti penyalahgunaan zat-zat terlarang pun mengintai orang-orang yang mengalami depresi.

7. Perubahan nafsu makan

Depresi ternyata berpengaruh terhadap nafsu makan. Pada beberapa orang, depresi bisa meningkatkan nafsu makan. Sementara pada beberapa yang lain, depresi justru akan menghilangkan rasa lapar.

Yang jelas, Anda perlu khawatir jika mengalami perubahan nafsu makan secara tiba-tiba

8. Emosi tak terkendali

Orang dengan depresi umumnya mengalami emosi yang tak terkendali. Dalam beberapa menit, seseorang bisa tiba-tiba marah dengan meledak-ledak. Namun, beberapa menit kemudian, mereka bisa tiba-tiba menangis.

9. Membenci diri sendiri

Perasaan ini bisa berupa rasa tidak berharga atau rasa bersalah yang kuat. Mengutip laman Help Guide, seseorang yang mengalami depresi bisa dengan mudah mengkritik diri sendiri atas kesalahan yang dilakukan.

10. Rasa nyeri yang tak bisa dijelaskan

Orang dengan depresi umumnya akan mengalami keluhan fisik yang tak bisa dijelaskan. Rasa nyeri ini bisa terjadi pada berbagai bagian tubuh. Mulai dari sakit kepala, punggung, otot, hingga perut.

Demikian beberapa gejala depresi, kondisi yang pernah dialami Rudy Salam. Segera hubungi profesional seperti psikolog jika Anda mengalami beberapa gejala di atas.


Disclaimer kesehatan mental

(asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts