10 Cedera Paling Umum yang Dialami Pemain Sepak Bola

Badai cedera menghantui Timnas Prancis dalam Piala Dunia 2022. Kenali beberapa jenis cedera paling umum yang kerap dialami pemain sepak bola.

Jakarta, CNN Indonesia

Kompetisi sepak bola sejagat Piala Dunia 2022 telah berlangsung sejak Minggu (20/11) lalu. Persaingan berjalan sengit hingga sejumlah pemain harus mengalami cedera.

Read More

Timnas Prancis berkali-kali diterpa masalah cedera. Teranyar, bek andalan mereka, Lukas Hernandez mengalami cedera ACL atau ligamen lutut anterior usaiĀ berlaga melawan Australia.

Cedera memang jadi salah satu permasalahan medis yang kerap dialami para atlet, utamanya pemain sepak bola.

Jenis-jenis Cedera Pemain Sepak Bola

Yang menyeramkan adalah cedera dalam sepak bola umumnya bersifat akut dan kumulatif. Cedera akut bisa menjadi traumatis dan sering kali disebabkan oleh terjatuh, pukulan, atau benturan antar-pemain.

Sementara cedera kumulatif adalah cedera di mana terjadi tekanan berulang pada otot, sendi, atau jaringan ikat yang memicu rasa sakit, nyeri, dan gangguan fisik yang semakin memburuk.

Maka dari itu, penting untuk mengenali jenis-jenis cedera yang rentan dialami pemain sepak bola untuk mencegahnya. Berikut di antaranya, mengutip Revere Health dan Very Well Fit.

1. Cedera ligamen lutut

Di antara cedera yang paling umum dalam sepak bola adalah cedera yang melibatkan lutut. Pasalnya, sepak bola merupakan olahraga yang tidak hanya melibatkan tendangan, tetapi juga mengharuskan pemain berhenti dan berpindah arah dengan cepat.

Gerakan eksplosif dan spontan memberikan tekanan rotasional yang ekstrem pada lutut serta ligamen yang menopangnya. Ketika stres melebihi batasan ligamen, hal tersebut dapat menyebabkan keseleo atau robekan pada sendi lutut.

2. Cedera hamstring


Ilustrasi. Ada beberapa jenis cedera paling umum yang kerap dialami pemain sepak bola. (iStock/piranka)

Hamstring atau otot belakang paha adalah otot yang membentang dari bagian bawah bokong hingga bagian belakang lutut.

Gejala cedera hamstring biasanya berupa nyeri tajam yang tiba-tiba di bagian belakang paha. Rasa nyeri ini sering kali muncul saat berlari, melakukan tendangan tinggi, atau gerakan peregangan yang cepat.

3. Robekan otot

Ketegangan atau robekan otot sering terjadi pada pemain sepak bola. Kondisi ini juga disebut dengan otot yang tertarik atau otot yang robek.

Robekan ini paling umum terjadi pada otot bagian belakang dan depan paha.

4. Cedera rotator cuff

Cedera rotator cuff adalah cedera pada otot atau tendon yang mengelilingi sendi bahu. Rotator cuff merupakan sekelompok otot dan tendon yang mengelilingi sendi bahu. Bagian ini berperan penting dalam menstabilkan sendi.

Gejala cedera rotator cuff biasanya berupa nyeri yang tiba-tiba muncul di area bahu. Beberapa orang mengalami sensasi robek hingga rasa nyeri parah yang menjalar ke lengan.

Simak jenis cedera pemain sepak bola lainnya di halaman berikutnya..



Keseleo Ringan hingga Gegar Otak

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts